Home » » Komik Pertama Superman Laku Rp 1,73 Miliar

Komik Pertama Superman Laku Rp 1,73 Miliar

Liputan6.com, Minnesota : David Gonzales (34 tahun), tak pernah menyangka kalau rumah yang baru dibelinya menyimpan 'harta karun'. Rumah itu masih dalam keadaan rusak dan terlantar saat dibeli Dave seharga US$ 10.000 atau sekitar Rp 98,8 juta. Tapi saat merenovasi rumahnya, Dave menemukan benda antik yang harganya sepuluh kali lipat dari harga rumah yang baru dibelinya.

Dilansir dari laman Mashable, Kamis (13/6/2013), 'harta karun' yang ditemukan itu adalah sebuah komik. Tapi tentu komik itu bukan benda sembarangan. Sebab komik yang ditemukan Dave adalah komik pertama Superman, #1 Action Comics yang terbit tahun 1938.

Para pencinta komik dan penggemar Superman tentu tahu kalau komik itu merupakan 'harta karun'. Tapi tidak dengan Dave. Sebab pria asal Minnesota itu sampai menanyakan ke sejumlah orang, apakah komik itu berharga.

Menurut Star Tribune, Dave pun memperlihatkan komik temuannya itu ke keluarganya. Tapi sayang, saat sedang menunjukkan komik tersebut, tante dari istri Dave berusaha merebutnya. Bagian belakang komik itu pun sobek.

Tapi Dave tetap menganggap komik itu memiliki nilai. Komik superlangka tentang manusia baja yang punya alterego bernama Clark Kent itu pun dilelang ke situs lelang ComicConnect.com. Ternyata komik itu laku seharga US$ 175.000 atau sekitar Rp 1,73 miliar.

Robekan di bagian belakang itu mengurangi skala kualitas pelelangan. Sehingga komik yang semula dinilai memiliki rating 3.0 dari 10, turun menjadi 1,5. Tanpa sobekan, tentu bernilai lebih mahal.

Sebagai perbandingan, komik yang sama dengan kualitas rating 8.0 laku dijual seharga US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 14,835 miliar pada Maret 2010 silam.

Sedangkan komik dengan kualitas rating nyaris 9.0 milik aktor Nicholas Cage, laku seharga US$ 2,16 juta atau sekitar Rp 21,36 miliar. Angka itu merupakan rekor penjualan termahal untuk sebuah komik. 

(http://tekno.liputan6.com/read/611850/walau-robek-komik-superman-laku-rp-173-miliar-di-lelang-online)

Related Article